Saturday, August 13, 2016

KuyaWR V 1.0



KUYAWR V 1.0 by Kuya96Soft


KuyaWR V 1.0 adalah Perangkat Lunak Freeware (Gratis) untuk membangkitan Windrose (Mawar angin). Perangkat lunak ini akan mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa frekuensi data angin, dan menyajikan dalam bentuk tampilan visual Windrose. Perangkat Lunak ini meliputi 4 Bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, Jawa dan Sunda. Program KuyaWR 100% gratis tanpa perlu ada registrasi, dan digunakan sepenuhnya untuk pengembangan software engineering di Indonesia...

Menjalankan KuyaWR V 1.0


Perangkat lunak ini sangat mudah digunakan, dan tidak perlu memerlukan pengoperasian yang rumit. Tahapan operasinal KuyaWR V 1.0 adalah sebagai berikut:
1. Input Data Angin

Input data bisa dilakukan secara langsung maupun dengan menempelkan/paste data dari Excel.
format input data terdiri atas 3 kolom yaitu :
a. Kolom Tanggal
b. Kolom Arah Angin
c. Kolom Kecepatan Angin
Kolom Tanggal tidak wajib diisikan, sedangkan kolom arah angin dan Kecepatan angin wajib diisikan. Data Arah angin harus diisikan secara benar. 

ada 3 Pilihan jenis Arah angin yang ada : 
Tampilan Input KuyaWR V 1.0
     a. 4 Arah angin (Jika Data arah angin hanya dikelompokkan atas 4 mata arah angin) 
     b. 8 Arah Angin (Jika data arah angin hanya dikelompokkan atas 8 mata arah angin)
     c.16 Arah angin ( JIka data arah angin Hanya dikelompokkan atas 16 Arah angin)

2. Running 
Setelah input data selesai maka langkah selanjutnya akan adalah melakukan analisa dengan cara menekan tombol "Run". Jika terdapat kesalahan pada data maka program akan memberitahu letak kesalahan data.. Jika data sudah benar maka program akan melakukan analisa Frekuensi dan akan muncul dalam bentuk tabel yang berisi Informasi prosentase arah dan Kecepatan Angin.

3. Menampilkan Gambar/Chart Windrose
Setelah analisa frekuensi berhasil maka hasil analisa juga ditampilkan dalam gambar windrose. Untuk menampilkan windrose dengan cara menekan icon  atau tombol Windrose. Bentuk tampilkan Windrose bisa dirubah sesuai dengan keinginan termasuk tampilan warna background, warna gradasi masing-masing kelompok kecepatan, dan lain sebagainya dengan cara menekan tombol "setting Gambar".  Gambar Windrose bisa di copy dalam Clipboard maupun dengan disimpan dalam file JPG, BMP maupun PDF dengan cara Click Kanan pada Gambar windrose kemudian pilih menu export atau copy ke clipboard.


Perangkat Lunak ini juga di rencakan untuk bisa mengakomodasi pengelompokan kecepatan angin yang bisa di cutomize, dan masih banyak lagi pengaturan pengaturan lain yang bisa di explore. 

Langsung saja download program ini secara gratis, tetapi mohon maaf dikarenakan masih dalam tahap pengembangan belum tersedia Help dan kemungkinan masih terdapat bug.

Link Untuk Download : 
https://drive.google.com/open?id=0ByS9rMosdAh2ckVVazlMRGhIbU0

Requriement system :
- Operating System Windows 7 (32 dan 64 Bit)
Untuk OS yang lain belum dilakukan uji coba.

File sample bisa dilihat setelah di install pada Direktory [My Documents]\Kuya96Soft\KuyaWR\Sample\

Untuk Saran dan Informasi ke  :
Email  : punyaagung@yahoo.com







1 comment:

Unknown said...

selamat malam mas, ada tutorial cara membaca gambar hasil wind rose nya ga? terimakasih